Bagaimana Memulai Bisnis Kopi? - Jejak Puisi
Berita terbaru
Loading...

Bagaimana Memulai Bisnis Kopi?

pixabay.com

JejakPuisi.com - Kopi adalah suatu minuman yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Beragam jenis kopi tersedia di berbagai penjuru daerah di Nusantara ini, seolah menjadikan negara indonesia menjadi surga bari para pencinta kopi. Maka dari itu tidak heran jika banya orang Indonesia, khususnya millennial, memandang minuman kopi sebagai peluang bisnis yang menguntungkan di tahun 2020 ini. Apa Anda termasuk generasi millennial yang berencana membuka usaha kedai kopi? Penasaran bagaimana memulai bisnis kopi? 7 tips berikut ini dapat Anda coba.


1. Memperhitungkan Modal Bisnis


Perlu Anda ketahui, memulai bisnis kopi bukanlah usaha yang memerlukan modal yang tinggi. Untuk membuka kedai kopi kecil saja Anda hanya memerlukan modal sekitar kurang lebih Rp 1.000.000, modal segitupun sudah termasuk alat racik yang sederhana. Tapi jika memiliki modal yang lebih besar, Anda bisa membangun kedai kopi yang lebih besar juga. Asalkan kualitas kopi sesuai dengan mulut konsumen.

2. Target Konsumen


Nah, sebelum Anda membuka bisnis kopi, Anda perlu memerhitungkan target pasar yang cocok untuk kedai Anda. Caranya yaitu dengan melakukan penelitian terhadap pasar, untuk siapa kopi Anda dibuat, seberapa tinggi daya beli target konsumen perharinya, cita rasa kopi seperti apa yang konsumen suka, desain kedai juga perlu, dan sebagainya. Semua itu bertujuan agar Anda bisa lebih memahami konsumen dan membantu bisnis Anda menentukan langkah bisnis selanjutnya.

3. Mencari penyedia kopi yang Tepat


Tahap berikutnya yakni mencari supplier, atau penyedia kopi yang sesuai dengan target konsumen Anda. Pencarian supplier bakal lebih mudah jika target konsumen Anda berada di level ekonomi menengah ke atas. Namun jika lebih tinggi dari itu, Anda wajib mendapatkan supplier kopi dengan kualitas terbaik.

4. Menentukan Konsep Bisnis Kopi


Konsep bisa menjadi faktor pembeda antara bisnis Anda dengan bisnis kopi lain. Ingat, saat berbisnis Anda tidak mencari persaingan, namun memperkecil persaingan. Maka dari itu tentukanlah konsep yang berbeda namun masih memenuhi standar konsumen yang ada. Ya, mau seperti apa pun konsep kedai Anda, kenyamanan dan kepuasan konsumen adalah prioritas utama.

5. Lokasi Kedai Kopi Strategis


Ini merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya dalam berbisnis kedai kopi. Walaupun membuka usaha kedai kecil-kecilan, Anda harus tetap memilih lokasi strategis yang dapat dijangkau banyak orang. Misalnya di dekat kantor, pusat perbelanjaan, sekolah, dan perguruan tinggi.

6. Promosikan Bisnismu


Zaman sekarang mudah untuk mempromosikan bisnis apa pun di media sosial. Dalam hal ini Anda mesti rajin memperkenalkan kedai kopi Anda di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Telegram. Lakukanlah promosi secara rutin agar Anda bisa menjaring lebih banyak konsumen.

7. Izin Usaha


Harus adanyay izin usaha menunjang keabsahan bisnis yang Anda jalankan. Jangan anggap sepele faktor izin usaha ini sebab bisa sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis Anda. Tapi jika memiliki tempat sendiri, Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan perizinan usaha.

Semoga tujuh tips di atas dapat membantu Anda lebih percaya diri merencanakan bisnis kedai kopi. Kira-kira konsep bisnis seperti apa yang Anda inginkan? Coba tulis dikolom komentar.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Ingin mengirimkan tulisan kamu di jejakpuisi.com? Hubungin email fawaz.ajja@gmail.com
Done