Cara pembenihan ikan lele lokal - Jejak Puisi
Berita terbaru
Loading...

Cara pembenihan ikan lele lokal

jejakpuisi.com

Secara alami ikan lele berkembang biak dengan cara meletakkan telur-telurnya di dalam sarang. Sarang ikan lele dapat berupa lubang yang dibuat pada dinding pematang sawah, tepian sungai dan juga rawa-rawa. Namun kerap kali indukan lele membuat sarang di bawah rumpun tumbuhan air yang tenang.

Cara alami ini dapat ditiru oleh para pembudidaya untuk menciptakan kondisi lingkungan yang sama atau cocok untuk tempat indukan lele memijah. Untuk tempat bersarang, di dalam kolam pemeliharaan indukan lele disediakan kotak kayu atau bisa juga menggunakan pipa bambo atau pipa dari besi atau semen yang dapat tenggelam di dasar kolam ikan lele. Hal ini ditunjukkan untuk indukan lele dapat memijah di dalam rongga-rongga pipa yang tadi.

Dengan cara yang lebih lanjut lagi, petani dapat mengatur bentukan dan juga letak kotak-kotak tempat ikan bersarang, ikan lele sedemikian rupa agar memijahkan telurnya dikontrol terhadap adanya gangguan-gangguan dan pemungutan hasil benih yang lebih mudah di tepi.

Seorang petani yang kreatif dengan kemampuannya dapat menemukan cara tersendiri sehingga dapat berhasil dalam budi daya ikan lele dengan cepat. Misalnya saja seorang petani asal Balikpapan, bernama yusuf telah dikenal banyak kalangan para pembudidaya ikan lele karena telah membuat sesuatu model kolam pembenihan ikan lele yang bentuk dan juga susunanya khas atau memiliki ciri tersendiri. Bentuk kolam kreasi yusuf ini dikenal dengan sistem Balikpapan.

Pemijahan lele dengan sistem Balikpapan

Pada pemijahan sistem ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut ini.

Kolam pemeliharaan indukan dan pemijahan ikan

Pada pembenihan ikan lele, kolam tempat pemeliharaan indukan dan juga memiliki fungsi sebagai kolam pemijahan. Bentuk dari kolam ini terdapat indukan yang telah dibuatkan kamar-kamar atau kotak pemijahan indukan.

Bentuk dan juga luas dari kolam pemeliharaan ini pada umumnya tergantung pada kondisi tanah pekarangan yang ada. Kolam yang seperti ini sebaiknya dapat dibuat di pekarangan saja agar mudah untuk diawasi untuk pengamannya. Sebagai contoh missalnya saja,

  • Panjang : 10 hingga 15 meter
  • Lebar : 8 hingga 10 meter
  • Kedalaman : 1 hingga 1,5 meter

Dimana dinding dari kolam dibuat dengan bata dan batu kali yang disemen sebelumnya atau dari beton yang permukannya licin. Dasar kolam boleh terbuat dari tanah, namun juga sebaliknya di semen. Maskudnya agadalh agar tidak mudah timbul lubang-lubang bocoran yang semakin lama semakin besar sehingga dapat memungkinkan ikan lele bakalan lolos atau kabur. Apabila dasar kola disemen sebaiknya dibeli lapisan dari pasir dan bercampur dengan tanah liat yang setebal 10 cm agar tercipta suasana yang alami di menurut ikan lele.

Baca juga : Pahami Sifat Ikan Lele Sebelum Budi Daya

Supaya ikan lele tidak mudah untuk kabur, terutama pada waktu turun hujan, di bagian bibir kolam lele dapat dipasangkan dinding dari plastic gelombang yang bahannya licin, bediri tegak lurus dengan ketinggian 50 cm.

Pipa yang dimasukkan ke dalam air dapat dibuat dari pralon atau bamboo yang dipasangkan sedemikian rupa sehingga air masuk kedalam kolam sedikit. Kondisi seperti ini dimaksudkan agar pelarutan udara kedalam air cukup baik dan memberikan efek kesegaran pada ikan.

Untuk pengeluarannya dari kolam ikan lelem dapat dibuat pintuk bentuk MONNIK. Dinding pintu air itu berlapis tigas. Dinding yang menghadap kolam lubangnya di dasar sehingga air yang terbuang keluar merupakan dari bagian dasar yang banyak kotorannya. Sekat yang ada ditengah terdiri dari papan yang telah di susun dan dapat mengatur ketinggian air di dalam kolam itu sendiri. Sedangkan air yang mengalir kelar dari lubang. Permukaan air di dalam kolam hendaknya memiliki 20cm dari bibir kolam agar ikan lele tidak mudah loncat keluar.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Ingin mengirimkan tulisan kamu di jejakpuisi.com? Hubungin email fawaz.ajja@gmail.com
Done